Sabtu, 25 April 2009

Profil Singkat IPDKM



Latar Belakang Berdirinya

IKATAN PEMUDA DAYAK KABUPATEN MELAWI

(IPDKM)

A. Gambaran Umum

Masyarakat dayak adalah penduduk asli pulau Kalimantan. Termasuk pula yang berada dan berdomisili di Kabupaten Melawi Propinsi Kalimantan Barat. Pada masa penjajahan mereka sangat berperan aktif dalam mengusir penjajah dari Bumi Khatulistiwa.

Hal tersebut merupakan salah satu tugas dari generasi muda Dayak sekarang, sebagai generasi penerus. Supaya dapat mengusahakan perjuangan dan meneruskan cita-cita pendahulu Dayak tersebut. Dalam berbagai bidang dan aspek kehidupan, di zaman yang modern seperti saat ini, hal yang sangat penting dan harus diperhatikan adalah bidang pendidikan. Pendidikan sangat dirasakan begitu penting, agar harkat dan martabat orang Dayak terutama yang berada di Kabupaten Melawi dapat maju sesuai dengan yang dicita-citakan oleh para pendahulu. Serta mengangkat kembali khasanah seni budaya dan adat istiadat masyarakat Dayak yang mulai ditinggalkan dan hampir tidak dihiraukan.

Pada masa sekarang ini populasi orang Dayak tersebar hampir merata diseluruh wilayah Propinsi Kalimantan Barat, khususnya yang berada di wilayah Kabupaten Melawi. Namun dirasakan bahwa kesejahteraan masyarakat Dayak pada umumnya masih jauh tertinggal.

Melihat kondisi tersebut, kiranya “Pemuda Dayak Kabupaten Melawi, khususnya yang berada di kota Pontianak, harus dapat berjuang lebih optimal lagi. Agar peranan orang Dayak dalam berbagai bidang kehidupan dapat lebih ditingkatkan.

Begitu pula pada bidang lainnya dalam kehidupan Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Orang Dayak harus dapat berperan secara optimal sehingga apa yang kita harapkan bersama, yaitu kesejahteraan masyarakat Dayak dapat terwujud”.

Maka kami selaku Pemuda, Pelajar dan Mahasiswa Dayak Kabupaten Melawi yang berada di kota Pontianak mencoba bergerak diakar rumput. Kami memiliki sebuah kerinduan untuk menyatukan seluruh Pemuda, Pelajar, dan Mahasiswa Dayak Kabupaten Melawi yang berada dan berdomisili di kota Pontianak.

Seperti kita ketahui, Kabupaten Melawi adalah sebuah Kabupaten baru yang dibentuk dan diresmikan beberapa tahun yang lalu. Memiliki wilayah yang sangat luas, kekayaan alam yang berlimpah, panorama alam yang begitu menakjubkan, serta penduduk yang beraneka ragam Etnis, Budaya, dan Kepercayaan.

Masyarakat Dayak secara khususnya, yang berada di wilayah Kabupaten Melawi sangatlah beragam, mulai dari sub suku/sub etnis, budaya dan adat istiadat yang beranekaragam.

Maka dari itu, kami selaku Pemuda, Pelajar dan Mahasiswa Dayak Kabupaten Melawi yang berada di kota Pontianak memiliki sebuah kerinduan untuk menyatukan keberagaman tersebut kedalam sebuah wadah/ikatan. Menyatukan persepsi, visi dan misi, demi terciptanya kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Dayak Kabupaten Melawi yang selaras, serasi dan harmoni serta menjadi lebih maju.

Dalam perkembangannya kegiatan ini mendapat tanggapan yang baik dari seluruh lapisan dan kalangan Pemuda, Pelajar dan Mahasiswa Dayak Kabupaten Melawi yang berada di kota Pontianak.

Dengan tujuan yang sangat sederhana, visi dan misi yang efektif dan efesien diharapkan tepat sasaran, sesuai dengan apa yang kami harapkan dan kami cita-citakan. Hal ini dikarenakan mayoritas dari kami adalah pelajar dan mahasiswa, maka tujuan awal dibentuknya ikatan ini adalah agar terciptanya tali kekerabatan dan eratnya kekeluargaan diantara kami semua, serta memperhatikan dunia pendidikan, dan mengangkat khasanah budaya Dayak Kabupaten Melawi sesuai dengan perkembangan dunia Modernisasi. Visi dan misi yang kami kedepankan adalah agar terciptanya masyarakat Dayak Kabupaten Melawi yang Sejahtera, Dinamis, Harmonis, Kritis dan Intelektual serta menjadi lebih maju”.

Dari berbagai pertemuan yang telah kami adakan, maka disepakatilah dan dibentuk sebuah wadah/ikatan yang menyatukan kami. Wadah ini kami beri nama IKATAN PEMUDA DAYAK KABUPATEN MELAWI (IPDKM). Dan bersekretariat di Jl. Karet Gg. Karet Karya No. 8 Kec. Pontianak Barat, Kalimantan Barat.

Pada kesempatan ini, kami IKATAN PEMUDA DAYAK KABUPATEN MELAWI memohon “RESTU DAN DOA” DARI LELUHUR KAMI, dari PARA ORANG TUA KAMI, dan PARA TOKOH MASYARAKAT/ADAT DAYAK baik yang ada di kota Pontianak maupun yang ada di Kabupaten Melawi, segenap JAJARAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN MELAWI. Serta simpatisan sekalian, demi terbentuknya Ikatan ini dan sekaligus dapat menuntun kami kearah yang lebih baik, lebih maju, lebih dewasa dan lebih bijaksana.

Kami juga selalu mengharapkan segala NASEHAT DAN PETUAH-PETUAH dari para Tetua kami, agar kelak IKATAN PEMUDA DAYAK KABUPATEN MELAWI dapat berfungsi sesuai dengan apa yang kami cita-citakan bersama, yaitu menuju MASYARAKAT DAYAK KABUPATEN MELAWI YANG MANDIRI DAN SEJAHTERA.



Salam Sejahtera………………




  1. VISI DAN MISI
  1. Visi

Menciptakan Masyarakat Dayak Kabupaten Melawi yang Sejahtera, Dinamis, Harmonis, Kritis dan Intelektual serta menjadi lebih Maju”.

  1. Misi

- Menciptakan tali kekerabatan dan kekeluargaan yang semakin erat diantara kami.

- Memperhatikan, Memajukan dan Mengembangkan Dunia Pendidikan

- Mengangkat Khasanah Budaya dan Adat Istiadat Masyarakat Kabupaten Melawi.



  1. LANDASAN IKATAN PEMUDA DAYAK KABUPATEN MELAWI

PANCASILA DAN UNDANG-UNDANG DASAR 1945 REPUBLIK INDONESIA.



  1. TUJUAN IKATAN PEMUDA DAYAK KABUPATEN MELAWI
  1. Tujuan Utama

Mempercepat persatuan masyarakat Dayak, serta bersama-sama membangun diri dalam rangka menciptakan masyarakat Dayak Kabupaten Melawi yang harmonis dan Dinamis, Kritis dan Intelektual, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Dayak Kabupaten Melawi.

Dalam ikatan ini sengaja mengambil ruang lingkup kata PEMUDA, yang diharapkan kelak sebagai generasi penerus, dan diharapkan dapat menjadi tulang punggung bagi berlangsungnya organisasi/ikatan ini.

Namun kata PEMUDA ini, tidak menutup kemungkinan kepada seluruh lapisan Masyarakat dayak Kabupaten Melawi untuk berkecimpung didalamnya.

  1. Tujuan Khusus

- Untuk mengaktualisasikan dan menjembatani kepentingan anggota dan seluruh masyarakat Dayak Kabupaten Melawi secara khususnya. Dan masyarakat Dayak secara umumnya. Dalam upaya menuju kehidupan yang lebih baik.

- Untuk mewujudkan rasa aman dan keadilan terhadap sesama makhluk sosial sesuai dengan landasan IKATAN PEMUDA DAYAK KABUPATEN MELAWI yaitu Pancasila dan UUD 1945 RI.

- Untuk meningkatkan Pemberdayaan masyarakat Dayak Kabupaten Melawi dalam berbagai aspek kehidupan dan pembangunan.

- Untuk mendorong terciptanya kemajuan Daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan Masyarakat Dayak Kabupaten Melawi.

- Memperjuangkan hak, harkat dan martabat anggota serta masyarakat Dayak Kabupaten Melawi.

- Meningkatkan dan menjunjung tinggi rasa persatuan, kesatuan dan persaudaraan serta solidaritas antar anggota dan masyarakat Dayak Kabupaten Melawi dan mewujudkannya dalam seluruh aspek dan sandi kehidupan secara nyata dan didasari rasa tanggung jawab.

- Untuk melestarikan dan mengangkat serta mengembangkan kesenian, kebudayaan, adat istiadat dan kreativitas masyarakat Dayak Kabupaten Melawi.

- Menciptakan masyarakat Dayak Kabupaten Melawi menjadi lebih kritis, tanggap, intelektual dalam berbagai aspek kehidupan. Serta menjadi lebih santun dalam menunjukan jati diri.

- Menciptakan keharmonisan dan kebersamaan dengan masyarakat lainnya tanpa memandang perbedaan Suku dan Agama.


  1. FUNGSI IKATAN PEMUDA DAYAK KABUPATEN MELAWI

Dengan tujuan tersebut diatas, maka Ikatan Pemuda Dayak Kabupaten Melawi mempunyai Fungsi :

1. Sebagai wadah yang memperjuangkan aspirasi anggota dan masyarakat Dayak Kabupaten Melawi pada khususnya dan masyarakat dayak pada umumnya dalam berbagai aspek dan sendi kehidupan.

2. Sebagai wadah untuk melaksanakan dan menciptakan komunikasi yang efektif dalam memecahkan berbagai masalah, serta untuk mengaktualisasikan ide-ide dan masukan sehingga dapat direalisasikan secara nyata.

3. Sebagai wadah yang lebih memperhatikan perkembangan dunia pendidikan.

4. Sebagai wadah untuk mengembangkan kesenian, kebudayaan adat-istiadat masyarakat Dayak Kabupaten Melawi dan meningkatkan kreativitas masyarakat Dayak Kabupaten Melawi dalam kesenian dan kebudayaan yang modern

Tidak ada komentar:

Posting Komentar